Tahun 2018 target produksi padi sebesar 520.100 ton gabah kering giling (GKG) atau setara 266.893 ton beras setelah dikurangi kebutuhan benih, ternak unggas & kehilangan dlm proses
Dengan jumlah penduduk kab. Serang 1.7 juta jiwa dan konsumsi beras per kapita 110 kg maka kebutuhan konsumsi 189.200 ton. Diperkirakan akan terdapat Surplus produksi beras 77.693 ton pada akhir 2018. Demikian pula pada tahun-tahun sebelumnya surplus produksi beras Kabupaten Serang rata-rata berkisar antara 50.000 - 100.000 ton per tahun.

Surplus produksi ini menjadi indikasi perlu pengembangan pasar sehingga petani dapat menikmati peningkatan nilai tambah produk daripada sekedar jual gabah.
Peningkatan nilai tambah produk dalam bentuk beras akan memberikan efek peningkatan nilai bahan baku gabah terlebih bila dijual dengan kualitas premium dengan syarat pengolahan dan pemasaran dilakukan langsung oleh Poktan, Gapoktan atau komunitas petani.
Peningkatan nilai gabah juga akan menurunkan daya beli pihak luar sehingga cadangan gabah dapat dipertahankan didalam wilayah kab serang. Atas dasar inilah beras JASENG diperkenalkan untuk masyarakat Kab. Serang khususnya dan provinsi banten umumnya yang di-launching pada tanggal 11 April 2018 oleh Ibu Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah,SE.,M.Ak. Turut hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Serang, H. Muchsinin, Kepala OPD, Camat-camat dan Pengurus KPPBM

Beras JASENG merupakan inisiatif ibu bupati serang, diproduksi oleh petani yg tergabung dalam Komunitas Penggilingan Padi dan Beras Mandiri (KPPBM) yg diresmikan oleh ibu bupati serang pada bulan juni 2016 dan dipasarkan oleh Koperasi Gemah Ripah Setda Kab. Serang.
Berdasarkan Informasi dari pengelola penggilingan padi beras kab. serang memiliki kelebihan yaitu tingkat kecerahan ( whiteness) & transparansi yg tinggi tapi dengan rendemen gabah- beras yg rendah maksimun 54%. Kebalikan dengan Beras Karawang yg tidak secerah beras serang tapi dengan rendemen gabah- beras yang tinggi bisa mencapai 58-60%. Biasanya pedagang beras Karawang mencampur beras serang dengan beras produk lokal untuk mendapatkan beras dengan kualitas baik dan produk tersebut dijual kembali ke wilayah Serang.

Dalam sambutannya Ibu Bupati Serang, dengan beras JASENG , Kabupaten Serang hendak menyediakan beras premium dengan harga dibawah harga pasar sehingga masyarakat dapat menikmati beras kualitas baik dengan harga terjangkau sekaligus memberdayakan petani padi dan petani pengelola penggilingan padi. Beliau juga berharap beras JASENG ini sebagai upaya menuju kemandirian pangan sehingga tidak terjajah oleh pihak luar. Dalam acara tersebut ditandatangani pula MOU kerjasama antara KPPBM yang diwakili H. Hariri sekretaris KPPBM dan Koperasi Gemah Ripah yang diwakili oleh Ketua Koperasi H. Setiawan.

Di masa depan, beras JASENG dapat mengisi kebutuhan beras di Pabrik-Pabrik, rumah sakit, hotel, restoran, dan bahkan mini mart yg tersebar di seluruh wilayah serang. Tentunya KPPBM dan Koperasi Gemah Ripah sebagai pengelola Jaseng perlu mempertahankan kualitas dan meningkatkan pelayanan melalui Manajemen Mutu yg tepat sehingga beras Jaseng dapat dikenal dengan lebih luas sebagai produk unggulan Kabupaten Serang. Dengan pengembangan kapasitas pemasaran tentunya diperlukan pasokan gabah yang lebih besar pula sehingga seluruh petani dan penggilingan padi di Kabupaten Serang dapat bergabung dalam produksi beras JASENG.

Acara peluncuran beras JASENG ditutup dengan makan bersama di alas daun pisang di sawah Desa Margasana Kecamatan krawatwatu.

Data penjualan terakhir hampir 30 Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Serang telah membeli beras JASENG dengan kuantitas mencapai hampir 10 ton di tahap pertama. Termasuk pembelian sebesar 500 kg oleh RSUD Serang dr. Drajat Prawiranegara. Pada saat yang sama pihak KPPBM siap mengganti bila beras yang dibeli tidak sesuai dengan kualitas premium dengan menunjukkan bukti-bukti yang benar. Selain itu, pihak KPPBM dan Koperasi Gemah Ripah pun siap menerima pemesanan beras dengan kualitas medium.

Untuk Kontak Person pemesanan langsung dapat menghubungi Bidang Pemasaranan KPPBM 081905129909 dan Koperasi Gemah Ripah Setda Kab. Serang. zd